Wednesday, December 7, 2016

Sedikit ulasan tentang mata minus

Mata merupakan Indra penglihatan yang paling penting dalam tubuh kita . Coba anda bayangkan jika mata kita tidak berfungsi dengan baik pasti tidak akan bisa menikmati hidup ini. Bersyukurlah bagi yang memiliki mata sehat tanpa keluhan apapun .
Mata minus (myopia) adalah kondisi penglihatan dimana objek yang letaknya jauh terlihat suram/kabur namun objek yang letaknya dekat, masih dapat jelas terlihat.
Mata minus ini bisa berkembang secara pelan ataupun bisa juga secara cepat. Kadang lebih parah pada saat anak-anak atau ketika beranjak dewasa, dan lebih stabil menginjak usia 30-40 tahun namun semakin berkembangnya jaman faktor mata minus tidak di pengaruhi oleh umur tepi oleh gaya hidup (life style) penderita mata minus saat ini sudah di derita oleh anak berusia 7-30 tahun. namun penderita kondisi mata minus ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik .

Untuk masalah mata minus, akan saya mulai dengan menguraikan ciri cirinya sebagai berikut:
  1. Bila mata bekerja terlalu fokus, biasanya kepala akan ikut tertasa sakit kepala dan pusing.
  2. Rasa pusing kepala akan lebih terasa bila memaksa mata melihat atau membaca tulisan dengan jarak jangkaun yang cukup jauh.
  3. Dalam jarak tertentu huruf atau obyek yang di lihat akan terlihat kabur sehingga susah/tidak bisa terbaca.
  4. Mata minus positit biasanya tidak kuat berlama lama melihat benda terang seperti lampu dan matahari.
  5. Mengalami kelemahan ketika melihat benda yang jauh.
Itulah beberapa tanda tanda mata minus, segera lakukan terapi perawatan mata untuk menghindari kondisi mata yang lebih parah agar minusnya tidak semakin tinggi. ibarat tidak asap kalau tidak api artinya segala sesuatu itu pasti ada sebabnya, begitu pula dengan mata minus. Untuk Penyebab mata minus dapat anda baca ulasannya berikut ini.
  1. Mata minus dapat di picu oleh kebiasaan membaca tulisan dalam posisi terbaring dan lain lain, menonton televisi dengan jarak dekat,bermain playstation, memainkan gadget serta kerja dengan komputer atau kebiasaan menggunakan handphone dengan jarak pandang yang terlalu dekat bila kebiasaan tersebut terjadi berulang dan berlangsung lama maka lambat laun mata akan mengalami masalah, bisa minus bisa juga plus.
  2. Terjadi stagnasi atau kegiatan mata yang monoton dalam jangka waktu yang panjang seperti seharian bekerja dengan komputer, menulis dan lain sebagainya. Anda harus merehatkan mata walau sejenak agar mata bisa rileks dan tidak tegang.
  3. Penyebab mata minus juga bisa terjadi bila anda tinggal di daerah yang padat, sehingga mata terbiasa melihat dengan jarak yang dekat sehingga untuk melihat jarak jauh menjadi jarang, dalam waktu lama maka kontraksi mata menjadi tidak responsif ketika melihat benda yang jauh.
  4. Faktor sebab lain dari penyakit mata minus adalah pola baca anda yang salah seperti baca buku sembari berbaring atau rebahan, pencahayaan
  5. kurang atau di tempat dengan cahaya yang terlalu terang, membaca terbalik dll. 
  6. Terlalu tergantung menggunakan pelindung mata seperti kaca mata normal, penutup kepala topi dll
Kekurangan asupan vitamin untuk kesehatan mata seperti buah dan sayuran hijau, khsususnya yang banyak mengandung vitamin A, betakaroten serta zat antioksidan. Jadi perbanyak mengkonsumsi wortel, alpukat, bilberry dan lain lain. 
 Demikian sedikit pengetahuan dari saya untuk para pengunjung blog saya. jangan lupa untuk berkunjung
kembali karena banyak sekali pengetahuan  yang akan saya tulis di blog ini dan bermanfaat untuk anda semua. terima kasih