Sunday, December 18, 2016

kutu rambut dan tips cara menghilangkannya

Adanya kutu pada bagian kulit kepala kerap sekali membuat para penderitanya menggaruk-garuk, terutama ketika kutu tersebut menghisap darah pada bagian kulit kepala. Jika tidak dihilangkan dengan segera, maka kutu betina akan bertelur sebanyak enam buah sehari, dimana telur kutu nanti akan menetas kurang lebih 7 hari.Kutu rambut termasuk kedalam masalah yang cukup serius, sebab kutu bisa loncat dan berpindah dari kulit kepala kita ke rambut orang lain. Dengan demikian, kita akan menularkan kutu tersebut kepada kerabat, teman, ataupun orang yang dekat dengan kita.

Kerap kali hal ini sering di derita oleh wanita yang mempunyai rambut panjang.
Munculnya kutu dan telurnya pada bagian rambut bukan semata-mata hadir begitu saja, tetapi kemunculan kutu tersebut dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Adapun beberapa penyebab munculnya kutu antara lain seperti:




> Kurang Merawat Rambut
         


  kurangnya menjaga kebersihan rambut seperti keramas, perawatan, dan sebagainya dapat menyebabkan munculnya kutu.
Masih ada banyak sekali benda-benda lain yang menyebabkan munculnya kutu rambut pada bagian kulit kepala, seperti seseorang yang berhijab seringkali merasakan gatal pada bagian kulit kepala, seseorang yang sering mengenakan topi, dan masih banyak lagi
 
> Penggunaan handuk
     

 inilah merupakan salah satu penyebab kutu juga, meskipun kebanyakan handuk digunakan untuk badan tetapi jika Anda menggunakan handuk dari penderita kutuan, maka bisa jadi akan tertular ke rambut Anda. karena memakai handuk secara bersamaan atau bergantian seseorang yang mempunyai kutu rambut.





> Penggunaan sisir
        

 Ini juga salah satu penyebab kutu rambut selanjutnya,ya sisir benda yang sangat penting juga bagi kita. kurang afdhol rasanya selesai mandi dan telah mengenakan pakaian tanpa merapikan rambut menggunakan sisir. akan tetapi bila sisir yang kita gunakan sudah tertular. atau sisir yang kita gunakan bekas penderita kutu secara tidak langsung akan membuat telur kutu tersebut menempel di rambut kamu. Setelah kurang lebih 1 minggu kutu telur tersebut akan menetas dan menyebabkan munculnya kutu rambut.
Oleh karena itu saya akan memberikan jalan keluar daam permasalahan kutu rambut atau boleh di bilang tips cara menghilangkan kutu rambut sebagai berikut :   
  • Jus Lemon 

    Lemon merupakan bahan alami yang memiliki sifat asam cukup tinggi. Kandungan asam pada lemon inilah yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat.
    Selain itu, perawatan satu ini juga sangat cocok untuk semua berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mengingat jus lemon sendiri sangat aman dan mudah digunakan.
Cara Pakai : 
 - Siapkan terlebih dahulu 1 buah lemon segar dan cuka
- Peras lemon tersebut dalam sebuah wadah, kemudian basuhkan secara merata keseluruh bagian kulit kepala
- Pijat lembut selama kurang lebih 10 menitan
- Diamkan sejenak 40 menit, kemudian bilas dengan air hangat bercampur cuka sampai bersih.
  •  Bawang merah
     

Biasanya bawang merah sering kita manfaatkan untuk masak, namun siapa sangka kandungan sulfur putih yang ada dalam bumbu dapur satu ini ternyata sangat efektif untuk membunuh kutu di rambut.
Cara Pakai :

- Siapkan 4 sampai dengan 5 bawang merah, lalu blender sampai halus
- Apabila sudah berbentuk pasta, peras halusan bawang tersebut dengan memasukannya ke dalam kain terlebih dahulu
- Sekarang oleskan minyak bawang merah tadi secara merata keseluruh bagian rambut, pijat sebentar selama kurang lebih 10 menit.
- Selanjutnya tutup rambut dengan handuk basah hangat selama dua jam
- Setelah itu, sisir rambut dengan menggunakan sisir khusus kutu. Kutu yang sudah mati akan jatuh dengan sendirinya.

  •  Minyak kelapa   
     

Minyak kelapa dikenal sebagai cairan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, termasuk salah satunya mampu menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami.
Cara Pakai :

- Pertama kamu oleskan minyak kelapa pada bagian rambut secara merata
- Setelah itu pijat sebentar kiranya 10-15 menit agar meresap
- Tutuplah rambut yang telah diolesi minyak tadi dengan shower cap selama semalaman
- Pada keesokan harinya cuci rambut dengan menggunakan shampo sampai bersih. Lalu sisir rambut dengan penyisir khusus kutu (Seriet).
  •  Lidah buaya
 Tentunya kita tidak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini, yup lidah buaya. Bahan alami ini sering digunakan untuk merawat rambut, mulai dari mengatasi rambut bercabang, rontok, ketombe, dan lain sebagainya.
Cara Pakai :

- Siapkan lidah buaya yang sudah berwarna hijau tua, tepatnya pada bagian bawah daun lidah buaya tersebut
- Cuci bersih daun lidah buaya tadi, lalu belah menjadi 2 bagian
- Masing-masing bagian tersebut oleskan secara merata keseluruh kulit kepala
- Beri pijatan lembut selama 5 menit dan diamkan meresap selama 2-3 jam
- Setelah itu, keramaslah untuk membersihkan gel lidah buaya tersebut.
  •  Daun sirsak
     
Daun sirsak ternyata mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi, kandungan inilah yang dapat membantu kita mengusir kutu-kutu membandel di kulit kepala. Tidak hanya membantu menghilangkan kutu, tetapi daun sirsak juga berkhasiat untuk menghilangkan telur kutu dengan cepat.
Cara Pakai :
 
- Siapkan daun sirsak sebanyak 10 lembar, kemudian rebus semua daun tadi
- Setelah mendidih, diamkan dingin. Lalu oleskan secara merata pada bagian rambut
- Agar bekerja secara maksimal, diamkan rebusan daun sirsak tersebut meresap selama 2-3 jam
- Untuk membilasnya kamu dapat keramas dengan shampo sampai bersih.
Demikian sedikit tips  atas permasalahan dalam atau mengenai kutu rambut