Sunday, December 11, 2016

cara mengatasi masalah bau badan

Bau badan merupakan sesuatu yang tidak mengenakan untuk kita apalagi di saat kita berada di tempat umum  seperti di dalam angkutan umum(angkot) busway,dan lain-lain juga bisa mengganggu kenyamanan kita dan orang orang di sekitar kita menurut dunia kedokteran bau badan merupakan hal yang wajar karena bau badan .hasil dari proses metabolisme dalam tubuh dari asupan makanan yang telah kita makan menjadi energi  di dalam tubuh sedangkan poses tersebut mengeluarkan keringat apabila keringat tersebut menutupi pori- pori kulit maka akan timbul bau badan untuk mengatasi hal itu lakukanlah langkah-langkah berikut ini :

   > Jeruk Nipis
Jika kita sebelumnya mengetahui manfaat jeruk nipis untuk memerahkan bibir, ternyata kandungan yang ada dalam jeruk nipis dapat membunuh bakteri penyebab bau badan. Jeruk nipis juga dapat membantu meningkatkan PH Kulit.Caranya sangat mudah, anda potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu gosokkan pada ketiak anda, tunggu hingga agak kering, lalu bersihkan. Anda juga bisa memanfaatkan air jeruk nipis tersebut, caranya peras beberapa tetes air jeruk dan campur dengan daun sirih, lalu oleskan di bagian yang menimbulkan bau tak sedap akibat keringat. Jangan lupa bilas dengan air bersih setelah selesai melakukannya.

 > Cuka Apel
Cuka sari apel merupakan bahan alami yang kaya manfaat. Cuka sari apel adalah salah satu alternatif terbaik pengganti deodoran. Mengandung sifat anti-bakteri yang melawan pertumbuhan bakteri.
Caranya: Tuangkan cuka sari apel secukupnya ke dalam mangkuk. Celupkan bola kapas di dalamnya, lalu usapkan di ketiak Anda. Cara ini akan mengurangi pH kulit, sehingga pada gilirannya akan menghilangkan bau ketiak. Selain itu, Anda juga bisa membuat ‘minyak wangi’ dengan mengisi air dan cuka sari apel sama dalam botol semprot. Semprotkan ketiak ketiak anda mulai muncul bau tak sedap.

 > Lemon
 Selain bisa untuk menghilangkan bau mulut, sifat asam pada buah lemon membantu membunuh bakteri penyebab bau pada ketiak. Lemon juga berfungsi mengubah tingkat pH pada kulit.Caranya: Iris lemon dan gosokkan lembut pada ketiak Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin hingga bau ketiak anda menghilang. Cara yang lain yakni dengan memeras buah lemon segar. Perasan lemon lalu diterapkan di ketiak. Selain bermanfaat mengatasi bau keringat, cara ini juga bisa mengurangi warna gelap pada ketiak. Cara yang lain juga bisa anda praktekkan rutin yakni dengan mengoleskan jus lemon pada ketiak setiapkali setelah mandi. Sebagai pengharum, masukkan jus lemon ditambah air, lalu masukkan ke botol semprot.

   > Baking Soda
 Selain digunakan sebagai bahan makanan, baking soda merupakan obat alami yang efektif untuk mengatasi ketiak yang bau.
Campur satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan jus lemon. Aduk rata dan terapkan pada ketiak. Biarkanlah untuk beberapa waktu. Lalu bilas dengan air bersih. Cara lain adalah dengan mencampur sedikit tepung maizena dengan baking soda dan menerapkannya di ketiak anda. Campuran ini bermanfaat untuk menyerap keringat yang berlebih pada ketiak. dan juga jangan lupa untuk menghindari makan makanan seperti berikut ini :

 > Daging Merah
 Daging merah termasuk makanan yang sulit dicerna oleh usus kita. Butuh waktu yang cukup lama bagi tubuh untuk mencerna daging tersebut. Akibatnya, ada zat yang masih tersisa dalam usus berupa racun. Zat inilah yang menyebabkan keluarnya bau keringat kurang sedap.

> Rempah Rempah
  Memang rempah sangat bermanfaat untuk bumbu masak, tetapi ada beberapa rempah yang dapat membuat bau badan menyengat. Adapun rempah-rempah tersebut antara lain seperti bawang merah, bawang putih, bumbu kari, dan terasi. Hindarilah rempah-rempah tersebut agar bau badan tetap terjaga.

> Kafein dan Alkohol
Mengkonsumsi kopi (kafein)memang sudah menjadi kebiasaan orang saat di kantor. Namun kebanyakan dari mereka tidak sadar sebenarnya kebiasaan tersebut dapat menimbulkan bau badan.
Selain mengkonsumsi kopi (kafein), mengkonsumsi alkohol berlebihan juga bisa menjadi penyebab bau badan. Oleh sebab itu, jika ingin terhindar dari bau badan, kurangi konsumsi kopi dan alkohol sebisa mungkin. karena bau badan juga di sebabkan oleh sesuatu yang kita konsumsi ke dalam tubuh.